Tips Mengawetkan Ikan Tanpa Formalin

Tehnik Perawatan Ikan, Segar Tanpa Formalin dan bahan pengawet berbahaya.

Kesegaran Ikan, adalah faktor yang sangat mempengaruhi harga pasar apabila ikannya segar maka harganya pun akan bagus untuk mendapatkan kualitas ikan yang segar maka dibutuhkan perawatan yang baik, mulai dari nelayan, pengumpul, hingga pengepakan sampai ketangan buyer (pembeli).
Umumnya standar kualitas ikan terbaik dilihat dari warna mata, warna ingsan kualitas daging, bau dan suhu ikan. perawatan yang perlu diketahui oleh nelayan adalah teknik chillin. teknik pen-chillinan adalah tahap perawatan awal yang sangat berpengaruh pada kualitas ikan hingga ikan tersebut layak untuk diekspor

Sebelum di Chillin pastikan ikan dalam keadaan terikat di bagian kepala sehingga air tidak masuk ke dalam perut melalui ingsan, pengikat dapat berupa karet gelang karet biasa atau menggunakan tali jenis apa saja tergantung dari ukuran ikan itu sendiri yang terpenting adalah diusahakan agar air tidak masuk ke dalam perut melalui ingsan.

Sebelum melaut hendaknya nelayan membawa persiapan berupa termos es atau kotak penampungan es kemudian es tersebut dicampur dengan menggunakan air asin sebaiknya menggunakan air laut. ikan hasil tangkapan langsung di masukkan kedalam campuran es dan air asin. Pastikan sebelumnya ikan telah diikat pada bagian kepalanya untuk mencegah campuran air es masuk kedalam ingsan.

Ikan baru diangkat dari rendaman air es setelah ikan tampak kaku. setelah sampai ke tangan penampung ikan disusun rapih di dalam kotak atau box, dan ikan ditimbun dengan menggunakan es batu yang sudah digiling halus. Pastikan Setiap Sisi Ikan Terkena Es, untuk mencegah gesekan / kontak langsung antara Ikan dan dinding box penampungan yang dapat menyebabkan Sisik /Kulit Ikan menjadi lecet, dan merusak warna ikan tersebut.

Pastikan air es yang meleleh tidak merendam ikan karena ikan yang terendam lama dapat menjadi bau, untuk mencegah terendamnya ikan dengan air es sebaiknya box penampungan diberi lubang sehingga air es yang meleleh keluar melalui lubang.

Ikan yang telah mendapatkan perawatan awal (Chillin) yang baik akan dapat bertahan hingga satu minggu, bahkan lebih. namun perlu diperhatikan beberapa Hal yang telah Kami sampaikan diatas, ikat Kepala Ikan, Rendam Dengan Campuran Es & Air Asin, angkat setelah kaku, lalu simpan ikan pada wadah penampungan yg berisi es kering. Jangan biarkan ikan terendam air terlalu lama, apalagi lelehan es, hindarkan Ikan dari paparan sinar matahari langsung.
Terima Kasih atas Kunjungannya.

Salam, 

ISKANDAR DORMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar