Mohon Maaf, Saat ini BOT TELEGRAM kami sedang bermasalah, silakan Hubungi kami Via Whatsapp di 0852-4206-7766

Cara Menjaga Kwalitas Ikan Eksport


Setiap perusahaan pembeli ikan eksport memiliki kriteria standard grade yang berbeda-beda. namun secara umum, semua perusahaan buyer ikan eksport pasti memperhatikan lima faktor yang sudah kami jelaskan pada video youtube channel admin Ikan Eksport.

Lima hal yang perlu di perhatikan yaitu mata, insang, warna, daging, dan perut. jika semua dalam kondisi bagus, maka otomatis ikan tersebut layak masuk kwalitas eksport,  adapun cara untuk mendapatkan kwalitas ikan yang baik adalah sebagai berikut.

1. Mata
Untuk mendapatkan kwalitas warna mata yang baik, biasanya kepala ikan di bungkus dengan kantongan plastik saat di tampung dengan timbunan es. hal ini berfungsi untuk menjadi penghalang agar mata tidak terkontak langsung dengan es, yang biasanya menyebabkan warna mata menjadi pudar atau buram.

adapun faktor lain yang mempengaruhi perubahan warna mata menjadi kuning atau kemerahan adalah karena terlalu lama di rendam saat di chilling atau karena ikan tersebut lambat mendapatkan penanganan, seperti lambat di chilling atau lambat terkena es.

2. Insang
Mungkin anda pernah melihat pada gambar-gambar ikan dan video yang kami posting di blog ini, di sosial media kami dan di channel youtube admin, Ikan dengan bagian kepala yang di ikat menggunakan karet gelang untuk ikan kecil atau dengan tali rafiah untuk ikan yang berukuran besar. Yaaa..... itu adalah cara untuk menjaga agar air tidak mudah masuk kedalam insang ikan, apakah air chilling atau air lelehan es saat di tampung.

Hendaknya kepala ikan di ikat dengan karet atau tali sesaat sebelum di chillin dan dibiarkan terus terikat saat di tampung sampai ikannya di kirim kebuyer. SELENGKAPNYA KLIK DISINI

3. Warna
Warna ikan menjadi pandangan pertama bagi calon pembeli saat ingin membeli ikan, bahkan dari kejauhan, calon pembeli sudah bisa menebak kwalitas ikan hanya dengan melihat warnanya.

ikan dengan warna yang cerah mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan ikan yang berwarna pucat, apalagi ikan dengan sisik yang terkelupas, belang atau lecet. itulah sebabnya, kenapa ikan dengan warna yang pudar biasanya lebih murah dibandingkan dengan ikan yang warnanya bagus.

adapun cara untuk mensiasati agar warna ikan tetap cerah adalah, dengan mempersiapkan perlengkapan sebelum memancing, yaitu dengan membawa cool box berisi es, jangan biarkan ikan terlalu lama di perahu dengan kondisi kering, apalagi terpapar langsung dengan sinar matahari. segera masukkan dalam rendaman es dan air asin, lalu pindahkan kepenampungan  dengan es serut / es giling setelah ikan menjadi kaku/keras. Nonton Video Penampungan DISINI

4.  Daging
Daging ikan yang baik adalah daging ikan yang kuat dan keras, adapun cara agar daging ikan tetap keras yaitu dengan proses chilling di awal penanganan dan cara penampungan yang benar setelahnya. jangan terlalu sering memindahkan posisi ikan, karena semakin sering di sentuh atau di gerakkan, maka semakin mempengaruhi kwalitas daging ikan.

Jangan sekali-kali memasukkan ikan kedalam freezer untuk mendapatkan kwalitas daging ikan yang segar, karena ketika ikan itu mulai meleleh (tidak beku lagi). maka kwalitas dagingnya akan sangat lembek dan setengah matang. secara umum, perusahaan pembeli ikan segar eksport akan menolak ikan dengan kondisi sudah di bekukan.

Tehnik Chilling yang benar akan menghasilkan kwalitas Daging ikan yang kuat dan keras tanpa freezing.

5. Perut
Semua ikan pasti ada isi perutnya, namun yang di maksud isi penyebab perut ikan menjadi bau adalah sisa makanan atau umpan yang ada dalam perut ikan selain usus dan organ alami lainnya.

ikan yang bertelur juga, biasanya menyebabkan perut ikan menjadi bau, yang akan merambah kedaging dan keseluruhan ikan, bahkan bisa menjadi penyebab ikan lain yang di tampung berdekatan ikut menjadi bau.

untuk mencegah hal ini terjadi, maka periksalah pada bagian perut ikan, jika anda sudah terbiasa melihat kondisi ikan, tentunya anda bisa membedakan mana perut ikan dengan isi normal dan ikan dengan perut yang ada ada kelainan pada isinya. segera bedah dan keluarkan.

Mungkin anda bertanya.... Apakah Masih Layak di kirim ? Jawabannya adalah tergantung kesepakatan anda dengan buyer, sampaikan kondisi ikan yang telah di bedah kepada buyer anda. dan jangan berharap anda bisa mendapatkan pembayaran dengan harga normal kwalitas bagus. karena ini adalah satu pertimbangan standard grade ikan. 

Oke... Sampai disini dulu penjelasan kami, semoga informasi ini bermanfaat, khususnya buat anda yang baru belajar atau baru mau memulai bisnis ikan eksport, selamat mencoba, semoga sukses, jangan lupa follow akun sosial media kami dan subscribe youtube channel kami untuk update informasi lainnya.

.
CLICK TOMBOL LIKE DIBAWAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JOIN JADI MITRA KAMI

Bisnis Pulsa MUlai Modal 100Ribu

Deskripsi Video Youtube

BACA ARTIKEL TERKAIT ATAU NONTON VIDEO SERUPA 

👉🏻

👉🏻

👉🏻

================================
Untuk Pemesanan Merchandise dan update info lainnya, silakan klik link di bawah ini "

Order Kaos Klik Link dibawah :
👉🏻 https://bit.ly/3Ayvzb4

Beli Poster Ikan Klik Link dibawah :

Belanja Souvenir Ikan Eksport

Gabung Grup Info Bisnis Ikan Eksport :
Grup Telegram 👉🏻 https://t./IkanEksport

Follow Kami di sosial media
Facebook : Ikan Eksport
👉🏻 https://www.facebook.com/IkanEksport

Instagram : @IkanEksport
👉🏻 https://www.instagram.com/IkanEksport/ 

TikTok : @IkanEksport
👉🏻 https://www.tiktok.com/@IkanEksport

================================
Tonton Playlist Kami :
👉🏻 https://youtube.com/playlist?list=PLkTNt4xjW7lHALAqA50_0m3aHYbJPq_jo

SUBSCRIBE JUGA :

================================

#PL_IkanEksport #LJBMakassar #JurongFishMarket #MataPancing #MancingMania #IkanEksportBlog #IkanEksport #PeluangBisnis #Nelayan #NelayanIndonesia #MenteriSusi #MenKanLut #DIskanlut #Polairud #Polair #YangTidakMakanIkanTenggelamkan #Tenggelamkan #Gurita #Eksportir #EksportImport